google-site-verification: google51e6679b298d5a31.html ENTREPRENEUR MUDA 2011: SEO (Search Engine Optimation)

ENTREPRENEUR MUDA 2011

Jumat, 04 Juni 2010

SEO (Search Engine Optimation)

SEARCH ENGINE OPTIMATION
1.1 Manfaat Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu ilmu yang perlu kita pelajari agar situs yang kita buat bisa muncul di urutan atas saat orang memasukkan kata kunci tertentu pada search engine. SEO ini sangat bermanfaat bila kita ingin memperoleh trafik gratis dari search engine, terutama Google search. Hal ini karena sebagian besar orang bila ingin mengetahui informasi tentang sesuatu, akan pergi ke Google dan mengetikkan kata kunci yang dicarinya. Bila situs kita memuat kata kunci tersebut tapi tidak optimal maka akan berada di urutan yang entah ke berapa, padahal sebagian besar orang akan langsung memilih artikel yang terdapat dalam urutan terdepan. Jadi itulah alasannya mereka kita perlu belajar SEO dan mengoptimalkan situs kita.

Nah langkah untuk pengoptimalan situs ini ada 2 jenis yaitu
1. Pengoptimalan pada situs kita yang meliputi pemilihan keyword (kata kunci), meta tags, content (isi situs).2. Pengoptimalan di luar situs kita, yaitu kegiatan yang kita lakukan agar
2. search engine berpikir kalau situs kita adalah situs terkenal / situs yang penting (populer).


Dalam kegiatan SEO ini kita adu pintar sama robot, kalau kita ingin bisa masuk dalam peringkat atas Google, berarti kita perlu tahu apa sih maunya si robot, hal-hal apa yang perlu kita lakukan agar situs kita bisa disenangi si robot. Untuk mengecheck seberapa populer situs kita, salah satu tools yang menarik adalah marketleap, di sini kita selain dapat mengecheck:
1. Link popularity situs kita di Google / AOL / HotBot dan Yahoo! Fast / AltaVista . Kita bisa dibandingkan dengan 3 situs lainnya, bisa dengan situs kita yang lain (bagi yang memiliki beberapa situs, bisa juga membandingkan dengan situs 'pesaing'). Hasilnya situs yang kita check tingkat pupularitasnya akan diberi tanda bintang, bisa terlihat di mana letak situs kita dibanding 3 situs lain yang telah kita pilih tadi, juga ditampilkan hasil situs-situs lainnya (industry benchmark report). Selain itu kita dapat mengecheck trend history report.
2. Search engine saturation dimana kita dapat mengecheck berapa halaman situs kita yang sudah diindex oleh Google / AOL / HotBot, MSN, Yahoo!/ AOL/ AltaVista. Kita dapat membandingkannya dengan 5 situs lainnya.
3. Keyword verification, kita dapat melihat jika kita mengecheck dengan kata kunci tertentu, di situs mana aja diantara AOL, Google / AOL / HotBot, Lycos Pro, MSN, Netscape, Yahoo! / fast / AtaVista, yang sudah memuat artikel itu di 3 halaman pertamanya (masuk urutan 30 besar).
Dengan mempelajari hal tersebut, kita jadi bisa mengetahui di mana letak kekurangan dan kelebihan kita,selain itu kita juga dapat memantau posisi situs lain, mungkin sebagai benchmark / pembanding. Kita juga dapat mengetahui bagaimana hasil pengoptimalan dengan teknik SEO kita. Di search engine mana situs kita unggul, di search engine mana situs kita lemah. Artikel mana yang sudah bagus teknik SEO-nya, mana yang masih kurang. Itulah manfaat SEO. Menarik bukan?

Nah untuk dapat meningkatkan peringkat situs kita ini, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, diantaranya situs kita harus memiliki back link yang berkualitas. Back Link ini adalah link + deskripsi situs kita yang terdapat di situs lain. Untuk mendapatkan back link berkualitas, situs kita harus nge-link ke situs lain yang memiliki Google PageRank tinggi. Usahakan mencari situs yang serupa atau satu topic.

Ada banyak cara untuk mendapatkan back link ini. Materi tentang teknik dan manfaat SEO ini bisa dibuka kalau kita sudah mengikuti kursus Asian Brain pada bulan kedua (kecuali bagi yang mengambil paket hemat). Di sana Bu Guru Ahira menjelaskan dengan gamblang langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan. Kalau ada yang berminat membaca langsung penjelasan Bu Guru Ahira daftar aja ke Asian Brain, atau baca dulu artikel sebelumnya tentang kursus Asian Brain.


1.2 Tutorial Search Engine Indonesia
Selamat datang di Promosi-web.com. Situs ini menyediakan tutorial yang membahas teknik-teknik promosi website melalui search engine. Informasi yang ada di situs mungkin akan sangat berguna untuk Anda apabila saat ini Anda sedang mengembangkan sebuah website, berencana akan membuat sebuah website, atau telah memiliki sebuah website namun belum optimal dari segi jumlah kunjungan. Metode pengoptimalan website untuk search engine dikenal juga dengan istilah Search Engine Optimization atau disingkat SEO.
Promosi website menjadi begitu penting, karena pada umumnya tujuan utama sebuah website dibangun adalah untuk mendatangkan pengunjung yang akan melihat informasi yang disediakan oleh web bersangkutan. Namun permasalahannya, mendatangkan pengunjung yang tepat ke website Anda tidaklah mudah. Bahkan proses ini bisa menjadi lebih sulit daripada proses membuat website itu sendiri. Jika Anda saat ini telah berhasil membangun sebuah website, itu hanya merupakan langkah awal dari proses web development. Karena salah satu indikator utama sukses atau tidaknya sebuah website adalah seberapa besar ia bisa mendatangkan pengunjung yang tepat untuk melihat informasi yang Anda sediakan. Yang saya tegaskan disini adalah mendatangkan pengunjung yang tepat, bukan pengunjung yang banyak. Tepat dalam arti benar-benar membutuhkan informasi yang ada di website Anda.
Banyak orang yang merasa kecewa karena telah menghabiskan banyak biaya untuk membuat sebuah website, tetapi tidak mendatangkan hasil seperti yang diharapkan. Penjualan produk dan jasa perusahaan tidak bisa meningkat seperti yang diharapkan. Semua ini bisa terjadi karena mereka kurang memperhatikan sisi promosi website, yang sebenarnya merupakan ujung tombak dari proses pengembangan web. Dalam hal ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan website. Namun situs ini khusus memfokuskan pembahasan pada pemanfaatan search engine.

1.3 F A Q - Promosi Website
1.3.1 Apa tujuan melakukan promosi website secara online ?
Pada prinsipnya, tujuan promosi website sangat terkait dengan tujuan dibangunnya website yang bersangkutan. Namun pada umumnya bertujuan untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyak-banyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut. Dari segi bisnis akan lebih banyak orang yang mengenal produk/jasa yang ditawarkan, atau minimal mengenal company profile Anda.
1.3.2 Apa keuntungan promosi melalui search engine ?
Lebih dari 80% pemakai internet mengandalkan search engine sebagai alat pencari informasi (berdasarkan research dari Georgia Tech's GVU Center). Jumlah ini akan terus bertambah mengingat search engine merupakan cara yang termudah dan tercepat dalam mencari informasi. Dengan terdaftarnya website Anda di search engine berarti akan memudahkan orang lain mencari informasi produk/jasa yang Anda tawarkan. Yang lebih penting lagi, informasi Anda akan jatuh pada orang yang tepat, karena pencarian pada search engine disesuaikan pada keyword/kata kunci serta sistem pengelompokan direktori yang sangat terstruktur.
1.3.3 Apakah dengan terdaftar di search engine sudah bisa menjamin traffic pengunjung yang tinggi ?
Belum tentu, terdaftar saja tidaklah cukup. Website Anda harus dioptimalkan agar mendapat posisi/rangking yang baik untuk kata kunci yang relevan dengan informasi yang Anda sediakan. Tidak usah berharap banyak jika website Anda hanya mampu terdaftar di halaman ke 6 atau dibawahnya pada search result, karena tidak mungkin mendapatkan traffic yang berarti. Untuk itu Anda harus berjuang memperebutkan posisi di 2 atau 3 halaman pertama bersaing dengan ribuan bahkan jutaan website lainnya.
1.3.4 Apa yang harus saya lakukan, agar website saya bisa mendapat posisi yang baik ?
Ada banyak metode optimalisasi yang harus Anda perhatikan, dan situs ini akan menyajikan informasi tersebut untuk Anda. Silahkan disimak dengan baik.

Silahkan kunjungi URL berikut untuk mengetahui apa pendapat Google tentang Search Engine Optimizers.


1.4 Rahasia Search Engine
by Pakar Seo on April 14, 2010
Siapa ingin tahu Rahasia Search Engine Google, pasti semua ingin mengetahui Rahasia dari Search Engine Apalagi rahasia Om Google.com betulkan. Sebab kebanyakan pengguna internet sangat familiar sekali dengan namanya Google. Salah satu contohnya saja pada penggunaan nowGoogle.com ketika hasil pencarian pertama keluar pasti langsung di hadapkan kepada google sebagai mesin pencari unggulan untuk saat ini dari seluruh dunia. Oleh karenanya Rahasia Search Engine merupakan sumber pendapatan bagi pebisnis online.
1.4.1 Rahasia Search Engine
Begitu juga dengan Pakar Seo, Rahasia Search Engine yg sangat banyak di pelajari adalah kepunyaannya google, yahoo dan bing gak terlalu di pikirkan karena biasanya otomatis keindex juga walau tidak berada di urutan teratas pencarian. Jujur secara khusus saya belum pernah namanya membeli penuntun ilmu seo Seperti E-book maupun sejenisnya. Jadi dalam memecahkan Rahasia Search Engine bisa dikatakan secara otodidak.

Rahasia Search Engine
Jadi inti dari postingan Rahasia Search Engine bahwa jika kita mempunyai kemauan keras dalam berlajar dan belajar ilmu Search Engine pasti suatu saat ketemu titik terang perjalanan panjang tersebut. Namun bagi teman semua mampu dalam hal materi, membeli e-book rahasia Seo adalah jalan terbaik untuk mempersingkat dalam mempelajari hal ini. Sekedar saran banyak sekali referensi yang bisa dijadikan panduan seo seperti milik Om cosaaranda.com dan masih banyak lainnya. Maklum cuma itu sih tahunya
Rahasia Search Engine google apakah secara pasti ada yang mengetahuinya selain Larry Page dan Sergey Brin?
Sebagai petujuk awal bagi para pemula agar blog maupun webnya menjadi lebih dicintai Search Engine tidak terlalu berat lho kerjanya:
1. Selalu membuat artikel berkualitas dalam hal ini tidak terdapat duplikasi artikel sejenis jika memang sedikit kesulitan boleh saja mencari referensi dari tulisan orang lain seperti tips Artikel Copas Gak Masalah namun harus di edit lagi (sebagai referensi).
2. Sedikit banyak mengetahui optimasi offpage, mulai dari Memilih Template Blog sampai Wordpress Plugin khusus untuk Seo.
3. Usahakan bookmark setiap habis mempublish artikel blog.
4. Ikuti petunjuk Cara Cepat Dapat Backlink sebagai langkah terakhir.
Semoga Rahasia Search Engine bagi blogger pemula bisa cepat terbongkar kedepannya dan jangan lupa mendukung pakar seo pada Negeriads.com Solusi Berpromosi. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar